WLA Analisa Beban kerja Perawat dan Bidan Rumah Sakit

Latar Belakang

Kebutuhan tenaga kerja dalam suatu organisasi rumah sakit khususnya perawat atau bidan sangatlah penting dan utama sebagai bisnis inti (core business). Hal ini terkait bagaimana memastikan “safety patient” keselamatan pasien dan juga menciptakan kepuasan pelanggan karena semakin baiknya kompetensi perawat atau bidan dalam menangani aktivitas atau kegiatan mereka sehari-hari. Yang pada akhirnya akan membuat organisasi sebuah rumah sakit menjadi lebih kompetitif dari pesaingnya karena tingkat pelayanannya yang lebih baik dan standard serta berkontribusi pada kinerja organisasi sebuah rumah sakit. Workshop ini membahas permasalahan terkait dengan beban kerja perawat atau bidan saat ini, sudahkah beban kerja tersebut terukur dan efisien serta efektif (produktif). Bagaimana hubungannya dengan job deskripsi serta tingkat level kompetensi masing-masing perawat pada unit keperawatan masing-masing.

Memastikan owner sebuah organisasi rumah sakit , manajer keperawatan atau jabatan yang setingkat mengerti tujuan diadakannya analisa beban kerja (WLA), apa yang dimaksud dengan pelayanan kesehatan utama, pelayanan kesehatan penunjang penting dan pelayanan kesehatan tambahan. Bagaimana metode melakukan pengukuran analisa beban kerja yang dimulai dari perencanaan, menentukan komponen beban kerja, menentukan standar waktu aktivitas, jumlah beban kerja, menghitung statistik aktivitas kegiatan perawat setahun dan berapa jumlah kebetuhan perawat berdasarkan volume beban kerja. Metoda ini menggunakan software workforce identification for staff need yang merujuk pada WHO standard dan juga model excel sebagai pendukung yang membuat peserta mampu dan dapat menggunakan alat ini untuk melakukan pengukuran dan perhitungan analisa beban kerja perawat dan bidan pada sebuah organisasi rumah sakit.

Target Peserta

Pengusaha rumah sakit, manajer rumah sakit, manajer keperawatan , perawat senior, manajer HR, praktisi manufaktur

Silabus Pelatihan

  1. Sesi Perencanaan kebutuhan tenaga kerja
    Memberikan penjelasan tentang perencanaan kebutuhan tenaga kerja yang dikaitkan dengan penyelarasan strategi manajemen Human Resource dengan strategi korporasi. Menjelaskan supply analysis, demand analysis, budget analysis dan strategy analysis dalam perencanaan tenaga kerja.
  2. Sesi Penjelasan analisa beban kerja
    Panduan tentang pengertian analisa beban kerja, pemahaman tentang 3 aktivitas utama yang dilakukan oleh seorang perawat/bidan.
  3. Sesi metoda WLA 7 metoda pelaksanaan analisa beban kerja
    Penjelasan tentang 7 langkah metode pelaksanaan analisa beban kerja dengan metode WLA
  4. Sesi Implementasi analisa beban kerja dengan excel program
    Pengenalan dan penentuan akan waktu kerja efektif , komponen beban kerja, standar waktu dari masing-masing 3 aktivitas utama perawat/bidan, hingga perhitungan kebutuhan perawat saat ini
  5. Sesi Implementasi analisa beban kerja dengan WLA software
    Penggunaan software berbasis volume beban kerja pada 3 aktivitas utama perawat/bidan. Pembuatan laporan dan jenisnya dan pemahaman pembacaan rasio WLA yang menjadi dasar pengambilan keputusan manajemen terhadap kebutuhan tenaga kesehatannya.
  6. Sesi simulasi WLA pada beberapa unit keperawatan
    Pada sesi ini mensimulasi komponen aktivitas perawat pada masing-masing contoh unit keperawatan. Mendeskripsikan aktivitas-aktivitas perawat sesuai job deskripsinya dan menghitung standard waktu penetapan masing-masing aktivitas dan pada akhirnya menentukan kebutuhan tenaga perawat/bidan yang sesuai dengan aktifitas riil di rumah sakit. Dan juga diberikan banyak contoh aktivitas perawat pada semua unit keperawatan yang ada dan lengkap pada sebuah rumah sakit modern.

Bonus :

  1. Software WLA dalam excel file
  2. Software WLA
  3. Banyak contoh WLA di unit-unit rumah sakit seperti : IGD, Surgical, Medical, Out patient dll
  4. Soft copy materi

Nara Sumber :

Ir. Haris H. Sidauruk, MBA

Saat ini beliau menjabat sebagai VP & Senior Consultant SDM & Manufacturing improvement pada salah satu perusahaan di Indonesia (PT. Freemind Management Consulting). Sebagai seorang professional, beliau pernah menempati beberapa jabatan diantaranya : sebagai Management Trainee, Production Manager, Training Manager, TPM Manager, HSE Manager (PT. Multi Bintang Indonesia Tbk, (Heineken Group), PT United Can Company Tbk dan sebagainya. Pengalaman sebagai konsultan, dan instruktur di antaranya di PT. Telkom , Pertamina, Genting Oil Kasuri, dll dalam menyiapkan Tim HR nya untuk meraih sertifikasi internasional, memberikan pembekalan dan Sertifikasi HR bagi Tim HR di Indofood, Pertamina, Pinago Utama, Dunia Teknik, Departemen Industri RI, PT Kansai, Allianz Group, RS Premier Ramsay group, Lotte Mart Indonesia, dll .

Memberikan konsultansi dan melakukan beberapa projek HR seperti WLA, Pengembangan organisasi, Total Rewards (JA JD JE JG memperbaiki sistem pengupahan berbasis kinerja dengan HAY system, MERCER) dan sistem pengupahan Internasional pada beberapa perusahaan seperti Akira Data, Rumah Sakit Premier Ramsay Group, PT KINO . Pertamina dll .

Membuat dan mengembangkan Talent Management Suites dengan matriks HAV, RTC, ICP Individual Career Plan, Performance & IDP Individual Development Program Cycle Plan, Leader development Execution.

Terkait dengan subyek di atas telah mensupport peningkatan produktivitas operational excelent dengan implementasi WLA pada beberapa klien manufaktur dan juga rumah sakit-rumah sakit terbaik di Indonesia.

Serta memberikan workshop publik dan sertifikasi bagi profesional SDM di Indonesia yang diikuti juga praktisi dari Australia dan Philipina. Juga aktif dalam kepengurusan ISHRM The Indonesia Society of Human Resource Management (PMSM Indonesia) dalam bidang pengembangan dan pelatihan

Informasi dan Pendaftaran Pelatihan

Untuk Informasi Lebih Lanjut mengenai Jadwal dan Daftar Harga Pelatihan/Training, silahkan Hubungi Customer Service kami via whatsapp.